Sejarah SIngkat

Menurut cerita lisan turun-temurun, ribuan tahun lalu di wilayah yang kini bernama Tulang Bawang Barat hidup peradaban yang bernama Nughik. Pasca letusan Krakatau purba, Nughik diduga runtuh dan munculah Kerajaan Tulang Bawang.

Berdiri pada abad ke-4, Kerajaan Tulang Bawang merupakan salah satu kerajaan tertua di Indonesia. Berpusat di hulu Sungai Way Tulang Bawang, ia merupakan pusat perdagangan & kebudayaan. Kerajaan Tulang Bawang dikenal hingga ke Tiongkok, dimana nama Tulang Bawang dalam sejarah pertama kali tertulis dalam riwayat perjalanan Fa-Hien (337-422), seorang biarawan dari Tiongkok.

Pada abad ke-20, di bawah program transmigrasi Belanda, wilayah Tulang Bawang menjadi rumah bagi ribuan pekerja perkebunan dari Bali, Jawa, Sunda dan Sumatera Utara. Di era Indonesia modern program ini dilanjutkan kembali oleh pemerintah Orde Baru.

Kabupaten Tulang Bawang Barat diresmikan pada tahun 2008 sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Tulang Bawang, dan saat ini sedang dalam perjalanan bertransformasi menjadi Tubaba.

Wilayah Geografis

Wilayah Geografis

Wilayah Geografis

Lokasi:
Provinsi Lampung, Sumatra, Indonesia.


Area:
± 1.201,15 Km²


Ibukota:
Panaragan


Waktu tempuh:
± 3 jam dari Jakarta


Sekilas Tentang Kabupaten Tulang Bawang Barat Saat Ini

Sekilas Tentang Kabupaten Tulang Bawang Barat Saat Ini

Kabupaten Tulang Bawang Barat berada di utara Provinsi Lampung, berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Selatan, dan berada di antara Kota Bandar Lampung dan Palembang. Ibukotanya adalah Panaragan, dan disinilah ikon pertama Tubaba, Islamic Centre, berada.

Kabupaten Tulang Bawang Barat memiliki populasi +- 300.000 jiwa (sensus 2017: 269.162) yang didominasi oleh masyarakat dari suku Lampung, Jawa, Sunda, dan Bali.

Mata pencaharian utama penduduk adalah berkebun. Komoditas utama adalah karet serta sebagian kecil singkong dan sawit.

Banyak yang menyebut Kabupaten Tulang Bawang Barat sebagai ‘Indonesia Mini’ karena aneka ragam budayanya. Meski berbeda-beda, kehidupan antar suku di Tulang Bawang Barat sangat harmonis. Baik masyarakat Lampung asli maupun pendatang masih menjaga & merayakan tradisi budaya masing-masing.

Pimpinan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat

Profil Pimpinan

Bupati Kabupaten Tulang Bawang Barat H. Umar Ahmad S.P.

Umar Ahmad adalah Bupati Kabupaten Tulang Bawang Barat yang menjabat sejak tahun 2014, dan sebelumnya sebagai Wakil Bupati Tulang Bawang Barat. Beliau berhasil meraih penghargaan Tjindarboemi Award pada tahun 2019 atas inovasi dan dedikasinya terhadap kearifan lokal dan budaya Lampung.